21 Juni 2012

Cara Merakit Komputer Desktop Bagian 1

Cara merakit komputer desktop yang Poinkom buat mudah-mudahan dapat diikuti dengan mudah, akan tetapi bila anda merasa kesulitan dalam mengikuti Tutorial Komputer ini, harap download file pdfnya.

Tahap Persiapan

Siapkan dan kumpulkan komponen atau hardware yang sudah anda beli beserta alat pendukung untuk pemasangan seperti obeng plus dan minus. Tahap persiapan disini termasuk membaca buku manual yang terdapat pada masing-masing hardware, agar informasi mengenai hardware yang anda gunakan lebih aktual dan akurat. Biasanya pada kemasan Motherboard, VGA Card dan CPU sudah disertakan manual booknya.

Jika diperlukan, siapkan pula tang dan senter. Perhatian dan mohon maaf sebelumnya : bila anda seseorang yang memiliki telapak tangan yang selalu basah, sebaiknya gunakan sarung tangan karet, agar komponen komputer yang bersentuhan langsung dengan tangan anda tetap kering dan terhindar dari cairan yang dapat menyebabkan konsleting.

Chasing

Chasing komputer memiliki cara membuka yang berbeda-beda. Namun pada umumnya saat ini chasing komputer sama yaitu bertipe ATX. Pada bagian belakang chasing biasanya terdapat empat buah sekrup, dua sekrup untuk penutup chasing bagian kanan dan dua buah lagi untuk bagian kiri. Buka penutup chasing tersebut, kemudian rebahkan chasing di atas permukaan yang rata seperti lantai atau meja.

Pasang sekrup didalam chasing untuk dudukan motherboard, sebaiknya perhatikan lubang sekrup pada motherboard kemudian sesuaikan pada chasing agar pas. Sekrup dudukan untuk motherboard bisa berbeda bentuk, ada yang terbuat dari besi kuning dan ada juga yang terbuat dari plastik.

Setelah memasang dudukan tersebut, lanjutkan dengan membuka bays port input output yang berada dibelakang chasing, kemudian ganti dengan plat penutup port I/O yang terdapat pada paket motherboard anda.

Memasang Motherboard

Pada bagian bawah motherboard berikan alas busa tipis yang disertakan dalam paket pembelian motherboard. Busa ini berfungsi untuk mencegah contact body antara chasing dan motherboard. Masukan motherboard kedalam chasing, dan sejajarkan lubang untuk sekrup pada motherboard dengan chasing, perhatikan juga bagian port I/O motherboard, apakah sudah masuk dengan sempurna ke bagian plat port I/O, bila sudah segera beri sekrup dan kencangkan dan usahakan jangan terlalu kencang tetapi mantap, agar PCB motherboard tidak retak dan mudah untuk dibuka kembali. Perhatikan sekrup yang dilingkari pada gambar berikut ini.

Memasang Motherboard Intel

Sekarang motherboard sudah terpasang dengan baik, lanjutkan dengan menghubungkan konektor kabel power suply yang terdapat pada chasing. Agar tidak terbalik, pertemukan klip pada konektor kabel power suply dengan klip yang berada di motherboard, hubungkan dengan cara menekan dan pastikan terkait dengan baik.

Memasang Konektor Kabel Power

Lakukan hal yang sama pada konektor kabel ATX 12V 4 pin, biasanya konektor tersebut berwarna 2 kabel kuning dan 2 hitam. Pada motherboard Poinkom letaknya berada seperti pada gambar dibawah. Namun letak konektor ATX 12V berbeda-beda pada setiap motherboard, disini anda harus membaca manual book jika kurang atau tidak paham letak posisi konektor tersebut.

Memasang Konektor Kabel ATX

Memasang Processor (CPU)

Temukan socket processor pada motherboard anda. Lepaskan besi pengait dan buka “penutup socketnya” (hanya terdapat pada socket type LGA) Disini Poinkom merakit menggunakan Motherboard socket 478, Processor Intel Pentium 4 socket 478, 2 keping memory DDR, VGA AGP, Hard disk SATA dan DVD-RW IDE. Bila spek hardware anda lebih tinggi atau berbeda, pada dasarnya tetap sama.

Pemasangan tidak jauh berbeda dengan socket CPU PIII, Core 2 Duo dan dual core Socket LGA 775, AMD Slot A / Socket A, Socket AM2 CPU, Intel Core i3, i5, i7 dll. Intinya pertemukan potongan sudut pada processor dengan potongan sudut yang terdapat pada socket motherboard, seperti sudut yang dilingkari pada contoh gambar processor intel type LGA dibawah ini.

Memasang Processor Intel

Seharusnya processor akan dengan mudah dan pas masuk ke socket motherboard, jika dalam pemasangan posisi processor tidak pas atau miring berarti anda memasangnya dengan terbalik, atau kurang pas. Apabila sudah selesai kunci socketnya melalui pengait yang disediakan.

Lanjutkan dengan memasang fan dan heatsink diatas processor, tekan hingga pengait pada fan heatsink tertanam dengan baik ke motherboard. Untuk type LGA jangan lupa memutar pengunci fan heatsinknya. Berikutnya hubungkan konektor kabel fan processor ke motherboard, di motherboard biasanya bertuliskan CPU Fan.

2 komentar:

Heri mengatakan...

Jangan lama-lama bagian ke2 nya gan, ane tunggu lanjutannya. Thank u

Poinkom mengatakan...

Hahaha. Makasih juga udah mau nyimak artikel ane nih juragan

Posting Komentar

Twitter Facebook Poinkom Tutorial Windows 7 Tutorial Windows 8

 
Powered by Blogger | Blog Listings | Bloggers | Blog Directory