Software Pengaman Sistem Windows

Saat ini ada berbagai macam software pengaman sistem windows, baik dengan software anti virus atau dengan program pihak ketiga lainnya. Artikel kali ini akan membahas tentang Faronics Deep Freeze untuk sistem operasi windows 7, yaitu sebuah software yang wajib di install pada komputer terutama komputer yang dipakai beramai-ramai seperti di kantor, warnet atau di rumah.

Untuk anda yang belum mengetahui fungsi dari software ini, silakan simak penjelasannya berikut ini. Deep freeze adalah sebuah software yang dapat mengembalikan sistem operasi windows dari perubahan settingan atau perubahan-perubahan apapun yang terdapat di komputer, menjaga file penting windows tetap aman bahkan dapat mengembalikan sistem dari serangan beberapa virus hanya dengan merestart komputer anda. Cara kerja software ini boleh dibilang hampir sama dengan tool system restore windows, hanya saja deep freeze dapat bekerja lebih baik.

Deep Freeze Windows 7

Fungsi dari software ini ibarat membekukan sebuah hard disk atau partisi hard disk anda, sehingga perubahan settingan, penginstallan software maupun penghapusan file, baik yang disengaja atau tidak disengaja dapat dicegah hanya dengan merestart komputer, sehingga komputer anda pun akan kembali ke kondisi terakhir pada saat program atau software ini terinstall dan aktif. Keterangan beberapa opsi dalam program ini adalah sebagai berikut :
  • "Boot Frozen" untuk mengaktifkan program deep freeze, dimana kondisi komputer dapat melakukan perubahan sistem, menghapus dan menginstall software atau apapun, akan tetapi ketika komputer di shutdown atau direstart, sistem windows kembali ke kondisi terakhir pada saat program ini diaktifkan.
  • "Boot thawed on next" perintah ini akan menonaktifkan program deep freeze pada saat komputer melakukan restart (tergantung settingan user).
  • "Boot Thawed" berfungsi untuk menonaktifkan program ini walaupun komputer direstart. Kondisi komputer dapat melakukan segalanya tanpa dapat direstore lagi.
  • "Tab menu Password" untuk menentukan password.
Sekarang kita akan coba software pengaman sistem windows dengan bantuan program deep freeze. Perlu anda ketahui sebelumnya, dengan langkah berikut komputer dan laptop Poinkom dapat bekerja seperti pada saat komputer baru diinstall, cepat, terhindar dari perubahan setting, maupun serangan virus. Untuk softwarenya klik Download Deep Freeze dan extract filenya, PASSWORD : poinkomblog.

Cara agar sistem komputer selalu terjaga
  • Install ulang windows dan software lain yang diperlukan pada komputer, langkah ini agar mendapat performa terbaik dari sistem operasi anda.
  • Setelah windows dan software lain yang biasa anda gunakan terinstall. jalankan disk clean up untuk membersihkan file sampah pada sistem dan defragment hard disk komputer agar file pada hard disk tersusun rapi.
  • Langkah berikutnya jalankan program deep freeze, klik pada hard disk yang terinstall di komputer, misalnya dikomputer terinstall dua partisi C dan D. Jika hard disk di freeze semuanya, maka komputer tidak dapat menyimpan file, sebaiknya freeze pada hard disk yang berisi file sistem operasi windows saja yang biasanya di partisi C, jadi anda masih bisa menyimpan file di partisi D.
  • Secara otomatis komputer akan melakukan restart dan jendela menu deep freeze akan tampil lalu klik ok, tentukan password jika diinginkan, atau biarkan kosong.
  • Untuk menampilkan menu deep freeze, cari icon deep freeze pada system tray dan arahkan kursor pada icon tersebut, tahan right shift lalu double klik icon deep freeze. Lihat gambar dibawah.
Akses Menu Deep Freeze

Dengan langkah diatas maka komputer anda akan berada pada kondisi top performance, karena windows selalu segar setiap saat, hard disk dalam kondisi terdefragment dan bersih dari file temp. Walau sistem windows dapat menghasilkan file sampah atau temp. namun akan hilang sendiri setiap anda merestart komputer.

Perubahan settingan, penginstallan software atau penghapusan file sistem dapat dilakukan bahkan sistem windows dapat terinfeksi virus atau malmware, namun semuanya akan kembali normal ke kondisi disaat terakhir anda mengaktifkan program ini hanya dengan merestart komputer anda. Silakan mencoba dan rasakan bedanya, apabila kurang paham dalam bahasa penyampaian artikel ini, hubungi Poinkom yang akan dengan senang hati membantu anda.

Komentar

  1. wah benar ini biar selalu segar tiap saat , …

    BalasHapus
  2. Yupz betul..., Btw thanks kunjungan baliknya mba.

    BalasHapus
  3. Artikelnya bagus nih, wajib dibaca :)

    BalasHapus
  4. Bisa aja, mudah-mudahan tokonya banyak pengunjung dan membeli produk-produk yang ditawarkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Install Windows 7

Memperbaiki Koneksi Internet Lewat DNS

Troubleshooting Device Manager Bagian 1

Cara Memilih Modem Operator GSM

Permasalahan Setelah Merakit Komputer