Troubleshooting Device Manager Bagian 1

Troubleshooting pada device manager akan muncul ketika anda menginstall atau menguninstall hardware atau memasang komponen baru pada komputer. Ketika terjadi beberapa pesan kesalahan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan "Hardware Troubleshooting Windows" atau secara manual pada windows XP dengan cara ketikan "devmgmt.msc" pada menu run. Sedangkan pada windows vista dan windows 7 cukup ketikan "device Manager" pada search bar dengan cara klik Start menu.

Device Manager Windows 7

Bila ingin melihat informasi tentang sebuah hardware, cukup klik kanan dan pilih properties pada hardware yang ingin anda ketahui informasinya. Selain itu pada device manager juga bisa menampilkan pesan bila ada suatu hardware yang memiliki masalah atau konflik yang ditandai dengan icon tanda seru berwarna kuning, atau tanda silang berwarna merah.

Pada umumnya untuk hardware yang memiliki icon tanda seru berwarna kuning menandakan bahwa driver dari hardware tersebut belum tersedia atau terinstall. Biasanya pada windows XP icon ini terdapat pada hardware sound card dan VGA card terbaru, untuk mengatasinya cukup dengan cara menginstall driver hardware tersebut pada CD driver yang disertakan, baik pada cd driver motherboard atau pada cd driver VGA card tersebut.

Untuk ikon "I" berawarna biru biasanya menandakan bahwa resource configuration hardware tersebut telah berubah. Bila icon tanda "X" berwarna merah muncul, berarti hardware tersebut berada dalam status nonaktif, atau untuk mengetahui error tersebut, masuklah kedalam properties dari hardware tersebut. Di jendela properties yang muncul, biasanya akan diberitahukan jenis pesan kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi. Untuk selengkapnya dan lebih jelasnya mari simak pesan-pesan kesalahan yang biasa terdapat pada device manager dibawah ini.

ERROR PADA DEVICE MANAGER
  • "This device is not configured correctly" biasanya driver komponen tersebut belum terinstall. Solusinya update driver hardware anda pada tab driver.
  • "The (Komponen) device loader for this device could not load the device driver" masalah dan solusinya sama seperti yang diatas.
  • "The driver for this device might be corrupt or your system may be running low on memory or other resource" Solusinya lakukan seperti langkah pertama, lalu periksa memory dan sistem resource anda dengan cara klik kanan "my computer | properties | tab advance | klik setting pada kotak performance", mungkin juga anda diharuskan menambah memory RAM anda.
  • "This device is not working properly, because one of its drivers may be bad, or your registry may be bad" solusinya lakukan seperti pada langkah pertama, bila masih error download file .inf yang baru dari produsen komponen tersebut.
  • "The driver for this device requested a resource that windows does not know how to handle", solusinya lakukan seperti pada langkah pertama.
  • "Another device is using the resource this device needs". Solusinya klik tombol troubleshooting di tab general untuk menjalankan troubleshooting komponen.
  • "The drivers for this device need to be reinstalled". Solusinya klik saja reinstall driver.
  • "This device either is not present, or is not working properly". Pastikan hardware tersebut terpasang dengan benar pada komputer anda, atau klik detect hardware dan bila error masih muncul cobalah untuk mengupdate drivernya.
  • "Windows stopped responding while attempting to start this device and therefore will never attemp to start this device again". Cobalah untuk download atau update driver terbaru pada komponen tersebut.
  • "The device cannot find enough free (seperti IRQ, DMA, memory atau I/O) resource that it can use". Solusinya jalankan troubleshooting wizard.

Komentar

  1. Harus lanjut ke bagian 2 biar lengkap, top dahhhh

    BalasHapus
  2. Hahaha mudah2an bisa bermanfaat. Thanks

    BalasHapus
  3. postingan yang bagus tentang Troubleshooting Device Manager Bagian 1

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Install Windows 7

Memperbaiki Koneksi Internet Lewat DNS

Cara Memilih Modem Operator GSM

Permasalahan Setelah Merakit Komputer