Perkenalan Microsoft Windows 8

Windows 8 Desktopsnap

Microsoft secara resmi merilis sistem operasi windows 8 versi developer preview, Perkenalan Microsoft Windows 8 dalam konferensi BUILD, yang dihadiri ribuan pengembang aplikasi di Anaheim, California pada tanggal 13 September 2011. Presiden Divisi Microsoft Windows, Stefen Sinofsky menyebutkan bahwa Windows 8 merupakan sebuah perubahan besar-besaran yang pernah dilakukan Microsoft setelah Windows 95.

Software ini juga mendukung berbagai platform hardware. Tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya yang hanya mendukung arsitektur prosesor x86, Windows 8 juga mendukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet umumnya. Bentuk perangkatnya pun bisa jauh lebih ramping dan tipis serta bakal punya daya tahan baterai yang lebih lama. Sinofsky memastikan bahwa semua software yang berjalan di Windows 7, juga bisa dipakai pada Microsoft Windows 8.

Yang sedikit berbeda adalah hanya dalam hal pendekatan pengguna untuk mengakses beberapa jenis aplikasi. Kalau sistem operasi sebelumnya memaksa pengguna selalu membuka aplikasi satu demi satu, pada Microsoft Windows 8 kolaborasi antar aplikasi mulai diterapkan. Misalnya lewat fitur yang memungkinkan pengguna mengakses informasi email, Twitter, dan jejaring sosial dalam satu tampilan.

Microsoft Windows 8 memang baru diperkenalkan untuk para pengembang karena baru sampai versi developer preview. Sampai saat ini belum ada kepastian kapan sistem operasi ini akan mulai didistribusikan ke pasar, karena harus melalui tahap beta, release candidate, dan release to manufacturing sebelum di distribusikan.

Windows 8 memperkenalkan gaya interface baru yang disebut METRO. Dibangun untuk perangkat layar sentuh, yang menunjukkan informasi penting, mendukung simplicity dan memberikan anda kontrol. Desain Metro ini sebenarnya bukan hal baru, microsoft sudah memperkenalkannya pada Windows Phone 7 untuk smartphone. Namun untuk Windows PC dan tablet baru pertama kalinya.

Selain user interface baru, Windows 8 memiliki Booting yang super cepat, kurang lebih sekitar 8 detik dari posisi off sampai layar awal telah terbuka, Windows 8 juga menjanjikan tampilan yang segar, menu yang disusun rapi dengan desain Metro. Akses ke jejaring sosial juga bisa langsung dilakukan di layar mula. Untuk log on, pengguna bisa melakukan dengan berbagai cara, mulai dari memasukkan password konvensional berupa PIN yang terdiri dari 4 karakter, Ada juga password berupa gambar. Dimana pada device layar sentuh, pengguna cukup mengusap foto tersebut dengan cara tertentu untuk log on.

Soal booting bukan hanya kecepatan saja yang dijanjikan, tetapi juga aman. Booting pada windows 8 dilengkapi dengan Secure Boot yang bekerja dengan BIOS berbasis UEFI, sehingga bisa melindungi komputer dari malware saat booting. Sistem operasi ini menjanjikan keamanan sejak sebuah komputer atau PC, notebook, ataupun tablet dinyalakan.

Windows 8 Screenshoot

Bagi yang ingin mencoba sistem operasi Perkenalan Microsoft Windows 8, dapat mengunjungi situs berikut : http://wdp.dlws.microsoft.com tetapi harap diperhatikan sedikit catatan tentang spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menginstall windows 8 berikut ini :
  • Versi x86 32 bit membutuhkan prosesor 1 GHz, Ram 1 GB, kapasitas penyimpanan 16 GB.
  • Versi x64 64 bit membutuhkan prosesor 1 GHz, Ram 2 GB, kapasitas penyimpanan 20 GB.
  • DirectX 9 compliant GPU dengan WDDM 1.0 atau driver lebih tinggi

Komentar

  1. Hadeeewww, kapan neh versi resmi untuk konsumen or publik terbit,,, jadi ga sabar nunggu na.

    BalasHapus
  2. Kelebihan lainnya apaan nih gan

    BalasHapus
  3. @Intan : saya pun udah ga sabar :-)
    @siapapun anda silakan baca tutorial windows berikutnya

    BalasHapus
  4. Kasih perbandingan dong antara windows 7 dan windows 8, biar ane ga salah pilih sebelum upgrade. thanks

    BalasHapus
  5. Oke saya akan secepatnya membahas hal tersebut. makasih saran nya.

    BalasHapus
  6. postingan yang bagus tentang Perkenalan Microsoft Windows 8

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Install Windows 7

Memperbaiki Koneksi Internet Lewat DNS

Troubleshooting Device Manager Bagian 1

Cara Memilih Modem Operator GSM

Permasalahan Setelah Merakit Komputer