Program Antivirus Untuk Windows 7

Tutorial windows 7 kali ini Poinkom akan membahas tentang program antivirus untuk windows 7. Pastinya anda telah memiliki program antivirus favorit pada komputer atau laptop kesayangan, dengan segala macam fitur dan kelebihannya. Namun untuk pengguna sistem operasi windows 7, poinkom menyarankan software antivirus "Microsoft Security Essentials" (MSE). Program antivirus gratis dari microsoft ini dijamin cukup tangguh untuk sistem operasi windows 7. Syaratnya hanya satu untuk dapat menginstall program ini, yaitu Windows 7 yang digunakan harus original (Genuine).

Microsoft Security Essentials Home

"Microsoft Security Essentials" atau biasa disebut "MSE" dari sisi menu atau user interfacenya menurut poinkom cukup simple, jelas dan padat, sehingga cukup mudah digunakan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kecepatannya dalam melakukan scanning sistem, baik scan secara custom atau terpilih maupun full scan, Microsoft Security Essentials terbilang cukup cepat dan ringan, tanpa membebani resource komputer atau laptop secara berlebih.

Untuk keakuratan dalam mendeteksi virus, spyware dan lainnya, MSE dinilai cukup baik dan dapat mendeteksi berbagai variant virus yang beredar saat ini. Didukung dengan "Real Time Protection", user interface yang baik, melakukan scanning yang cepat dan ringan, tidak membebani resource komputer, sampai keakuratan dalam mendeteksi variant virus yang sangat baik, Microsoft Security Essentials patut dipilih sebagai program antivirus untuk windows 7.

Bagi yang berminat mendapatkan program antivirus untuk windows 7, anda dapat mendownloadnya secara gratis melalui situs resminya di :
http://windows.microsoft.com/en-ID/windows/products/security-essentials atau klik Antivirus MSEJangan lupa untuk mendownload Microsoft Security Essentials Definitions Update di situs resminya microsoft : http://www.microsoft.com/security/portal/definitions/howtomse.aspx pilih step 1. Berikut adalah cara install MSE dan penjelasannya.
  • Klik pada drop down menu yang ada pada situs MSE, lalu pilih sesuai sistem operasi yang anda gunakan, jika sudah menentukan pilihan klik download.
  • Setelah proses download selesai, install file MSE atau mseinstall.exe dan ikuti langkah-langkah yang diberikan.
  • Jika MSE sukses terinstall biasanya sistem akan meminta restart, segera restart dan tunggu sampai sistem kembali login.
  • Untuk sementara antivirus MSE belum bisa digunakan, karena anda diharuskan menginstall Definitions updatenya. Jalankan file MSE update atau mpam-fe.exe yang telah anda download.
  • Tunggu hingga proses offline update selesai, dan antivirus MSE sudah siap menjaga sistem komputer atau laptop anda secara Real Time Protection.
Perhatian :
  • Setelah langkah diatas selesai, cek status MSE dengan mengklik start menu | all programs | Microsoft Security Essentials.
  • Jika menu MSE berwarna Orange dengan tanda seru, baca keterangan yang tertera pada menu tersebut atau lihat pada gambar berikut.
Microsoft Security Essentials Warning
  • Jika baru pertama kali menginstall MSE, biasanya warna orange pada menu yang diikuti dengan tanda seru menandakan bahwa komputer atau laptop anda belum pernah melakukan scanning. Solusinya klik "Scan Now".
  • Setelah proses quick scan selesai, kalau tidak ada virus maka menu MSE akan berwarna hijau dengan tanda centang.
  • Selain hal diatas, warna orange dengan tanda seru pada menu MSE artinya anda diminta untuk mengupdate definitions terbaru. Solusinya download dan install Definitions Updatenya.
  • Apabila menu MSE berwarna merah dengan tanda silang dimonitor, berarti terdapat virus yang harus anda tindak lanjuti. Solusinya Klik atau ikuti langkah yang dianjurkan oleh program MSE tersebut. Hal ini biasa terjadi ketika mencolokan flashdisk yang didalamnya terdapat virus, atau membuka folder pada hardisk yang telah terinfeksi oleh virus dan sejenisnya.
  • Jika menu MSE berwarna hijau dengan tanda centang, berarti sistem windows 7 anda aman dan bersih dari virus dan sejenisnya, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Microsoft Security Essentials

Sebenarnya semua program antivirus untuk windows 7 yang beredar dipasaran cukup bagus, apabila anda selalu rutin melakukan update definitions untuk program antivirus yang anda gunakan, dan sering melakukan scaning sistem secara berkala, Semoga bermanfaat. Salam Sukses.

Komentar

  1. Waduuuhhh..., ternyata mse bagus yah, jadi nyesel kemarin q suruh buang ama temen (*_*")

    BalasHapus
  2. Coba aja di install ulang lagi. Dan ikuti tutorialnya diatas. Selamat mencoba.

    BalasHapus
  3. Thanks Mas Bro. Bau tahu ada kaya ginian, keasyikan ngeblog hingga gak keurus laptop. hehehe

    BalasHapus
  4. antivirus yang offline gan, (kalau ada) Hehehehe..
    nice info..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Install Windows 7

Memperbaiki Koneksi Internet Lewat DNS

Troubleshooting Device Manager Bagian 1

Cara Memilih Modem Operator GSM

Permasalahan Setelah Merakit Komputer