Cara Merakit Komputer Desktop Bagian 4

Cara merakit komputer desktop bagian 4 merupakan bagian terakhir dalam proses membangun sebuah komputer rakitan. Untuk tutorial sebelumnya klik Cara merakit komputer desktop bagian 3. Oke langsung saja disimak.
Tahap Akhir Atau Tahap Penyelesaian

Setelah semua perangkat terpasang dengan baik, ada satu hal lagi yang perlu anda kerjakan, yaitu menghubungkan konektor switch chasing ke motherboard. Konektor switch disini berfungsi untuk mengoperasikan tombol power, tombol reset, lampu LED untuk power, LED untuk hard disk dan memory yang berkedip ketika menyala maupun speaker internal.

Biasanya konektor switch ini dikelompokan secara bersama-sama dan diberi label berbeda-beda pada setiap motherboard, jadi bacalah buku panduan motherboard yang terdapat pada paket pembelian motherboard anda. Untuk lebih jelasnya tentang label dan posisi dari konektor switch ini. Untuk label biasanya bertuliskan seperti yang disebutkan dibawah ini.

Keterangan Konektor Switch

Memasang Konektor Switch

Jika semua konektor switch telah dihubungkan ke pin dengan benar, periksa ulang semua komponen yang terpasang. Kalau sudah yakin terpasang dengan baik tutup chasing komputer tetapi jangan di sekrup terlebih dahulu, agar lebih mudah dalam memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi.

Hubungkan semua kabel-kabel ke komputer seperti kabel power, kabel monitor, kabel mouse dan keyboard, kabel speaker dan lain-lain pada tempatnya masing-masing, kemudian sambungkan kabel power komputer dan monitor ke saklar listrik.

Nyalakan monitor terlebih dahulu baru komputer, jika semuanya lancar dan sesuai dengan petunjuk maka dimonitor akan tampil seperti pada contoh gambar dibawah ini. Namun ini tergantung dari jenis BIOS pada motherboard yang digunakan.

Bios Post

Di bagian Post, biasanya menampilkan informasi model BIOS yang digunakan, jenis motherboard dan processor, jumlah memory, hard disk dan cd/dvd room. Jika semua komponen tersebut sudah terdeteksi oleh bios, bisa dipastikan anda telah berhasil merakit sebuah komputer desktop. Sekarang tinggal pilih sistem operasi apa yang akan anda gunakan, tetapi sebaiknya harap diperhatikan spek komputernya, agar nyaman saat pengoperasian. Bila spek komputer anda memenuhi, Poinkom sarankan untuk menginstall sistem operasi windows 7. Klik Spesifikasi minimum untuk install windows 7.

Setelah anda berhasil merakit sebuah komputer, biasanya akan timbul permasalahan atau error yang mungkin tidak anda duga. Tetapi jangan kuatir karena saya telah menyiapkan solusinya, jadi bila anda mengalami error setelah selesai merakit komputer, baca Tutorial Komputer tentang "Permasalahan setelah merakit komputer" yang tersedia di menu arsip.

Untuk cara menginstall sistem operasi windows 7 ada di menu arsip atau klik link berikut : cara menginstall windows 7. Jika anda merasa kesulitan mengikuti tutorial komputer ini, silakan download file pdf lengkapnya yang sudah saya sediakan, Password : poinkomblog.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Install Windows 7

Memperbaiki Koneksi Internet Lewat DNS

Troubleshooting Device Manager Bagian 1

Cara Memilih Modem Operator GSM

Permasalahan Setelah Merakit Komputer